Cara Pasang Shower Kamar Mandi: Panduan Praktis untuk Pemula

1. Alat dan Bahan Pasang Shower Kamar Mandi

Pertama-tama, sebelum memulai pemasangan shower di kamar mandi Anda, pastikan bahwa Anda telah mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Beberapa alat yang dibutuhkan antara lain: cutter, tang, obeng, kunci pas, pipa PVC atau pipa tembaga, dan lain-lain. Sedangkan untuk bahan-bahan nya, Anda memerlukan pipa flexible, shower head, bracket, dan fitting / sensor shower.

Pipa Shower
Source compresor-ac.blogspot.com

2. Tentukan Posisi Shower

Setelah persiapan alat dan bahan, langkah selanjutnya adalah menentukan posisi shower yang ingin dipasang. Pastikan posisi dari pipa shower dimana nantinya akan dipasangen bracket dan shower head anda pas dan tepat.

Posisi Pipa Shower
Source brainly.co.id

3. Las Pipa Penghubung

Jika Anda menggunakan pipa tembaga sebagai penghubung antara pipa air utama dengan shower, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses pengelasan pipa. Pastikan pengelasan pipa tersebut dilakukan dengan baik dan benar agar tidak bocor atau rusak saat digunakan.

Pipa Tembaga
Source www.tokopedia.com

4. Pasang Bracket

Setelah pipa penghubung dipasang, langkah selanjutnya adalah memasang bracket. Bracket merupakan pengait dari shower head yang nantinya dipasang pada dinding. Pastikan bracket dipasang pada posisi yang tepat dan kuat agar tidak mudah jatuh saat shower digunakan.

Bracket Shower
Source www.alibaba.com

5. Pasang Fitting sensor shower

Fitting sensor shower digunakan untuk mengatur intensitas pancuran air dari shower. Beberapa sensor shower mungkin perlu diatur barisannya agar pas dengan head shower Anda. Pastikan fitting dan sensor shower dipasang dan terhubung dengan generator pancuran air dengan benar agar tidak terjadi masalah kualitas air.

Fitting Shower
Source alphavalve.en.made-in-china.com

6. Pasang Pipa Flexible

Pipa flexible berguna sebagai penghubung antara bracket dengan shower head. Tentukan panjang pipa sesuai dengan posisi bracket dan shower head yang telah ditentukan. Pastikan pengait pada setiap ujung pipa berfungsi dengan baik agar tidak mudah lepas saat digunakan.

Pipa Flexible
Source www.pipaair.co.id

7. Pasang Shower Head

Shower head merupakan bagian utama dari shower. Pastikan shower head dipasang pada bracket dengan benar sehingga tidak mudah jatuh. Selain itu, pastikan juga shower head dapat mengalirkan air dengan baik.

Shower head
Source www.exploredar.com

8. Pasang Keran Air

Selanjutnya, pasang keran air pada pipa air utama. Pastikan keran dipasang dengan benar agar air tidak bocor dan mudah digunakan.

Keran Air
Source mentarijaya.com

9. Uji Coba dan Periksa Kembali

Setelah semua bagian sudah terpasang dengan baik, lakukan uji coba untuk memastikan apakah shower berfungsi dengan optimal atau tidak. Cek kembali seluruh bagian dan pastikan tidak ada yang terlewat atau kurang pas agar Anda dapat menikmati shower dengan lebih nyaman.

Uji Coba
Source www.journaldujapon.com

10. Perlindungan Anti Karat dan Lumpur

Setelah semuanya sudah berhasil dipasang, pastikan untuk menyimpan shower Anda dalam kondisi yang baik selama mungkin. Untuk itu, gunakan perlindungan anti karat dan lumpur di pipa dari pancuran shower Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam merawat pancuran Anda sekaligus menambah masa pakai pancuran tersebut.

Perlindungan Anti Karat dan Lumpur
Source mimesis-themes.com

Cara Pasang Shower Kamar Mandi: Persiapan Membuat Instalasi “Pipa Penghubung”

Setelah memasang kran shower di dinding dan memasang keran air di bawah wastafel, langkah selanjutnya adalah memasang pipa penghubung agar air bisa mengalir dari keran menuju shower. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Tentukan Posisi Pipa Penghubung

Pipa Penghubung
Source perkakasindonesia.com

Sebelum memulai pemasangan pipa penghubung, tentukan dulu posisinya. Pipa penghubung biasanya dipasang di bagian atas dinding, di atas pintu kamar mandi atau di atas pintu bilik mandi.

2. Potong Pipa

Pemotong Pipa
Source www.tokopedia.com

Setelah menentukan posisi pipa penghubung, potong pipa besi dengan memakai pemotong pipa. Pastikan pipa yang dipotong memiliki ukuran yang sama dengan jarak antara keran dan kran shower.

3. Pasang Sambungan Pipa

Sambungan Pipa
Source skema.kanopitop.com

Pasang sambungan pipa pada kedua ujung pipa yang sudah dipotong. Pastikan sambungan pipa yang dipilih sesuai dengan ukuran pipa besi yang digunakan.

4. Pasang Bracket Pipa

Bracket Pipa
Source nesn.com

Pasang bracket pipa pada pipa penghubung agar pipa tidak tertekan oleh beban kran shower nantinya. Pastikan bracket yang dipilih kuat dan kokoh sehingga pipa tidak mudah patah.

5. Pasang Pipa Penghubung

Pipa Penghubung
Source perkakasindonesia.com

Pasang pipa penghubung pada sambungan pipa. Pasang klem pada bagian ujung pipa penghubung agar pipa tidak mudah lepas.

Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan:
– Pipa besi
– Pemotong pipa
– Sambungan pipa
– Bracket pipa
– Klem pipa

Itulah cara pasang shower kamar mandi dengan memasang pipa penghubung. Pastikan pipa dan bracket yang digunakan berkualitas dan kuat agar kran shower dapat terpasang dengan aman dan mudah dalam penggunaannya.

If you want to know the proper way of installing a shower in your bathroom, you can follow the steps in cara pasang shower kamar mandi article. It is important to know the right technique to avoid any leaks or damages in the long run.

Sampai di sini dulu panduan cara pasang shower kamar mandi kita ya. Hanya perlu peralatan dan langkah-langkah yang tepat, kamu sudah bisa menginstal shower dengan mudah. Jangan lupa terus kunjungi website ini untuk mendapatkan informasi dan tips seputar perbaikan dan instalasi rumah tangga lainnya ya. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

Saran Video Seputar : Cara Pasang Shower Kamar Mandi: Panduan Praktis untuk Pemula

Leave a Comment