Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Mudah, Cepat, dan Efektif

Cara Membasmi Noda pada Keramik Kamar Mandi

Keramik kamar mandi adalah salah satu bagian dari rumah yang harus selalu bersih dan terawat. Namun, ada kalanya keramik kamar mandi terkena noda yang membandel dan sulit untuk dibersihkan. Tidak hanya membuat kamar mandi terlihat kotor, tetapi juga dapat menjadi sarang bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara mudah dan efektif untuk membersihkan keramik kamar mandi yang terkena noda:

1. Penggunaan Cuka Putih

Cuka putih merupakan bahan yang sangat efektif dalam membersihkan keramik kamar mandi yang terkena noda. Caranya sangat mudah, yaitu tuangkan cuka putih pada keramik yang terkena noda, diamkan selama beberapa menit, gosok dengan sikat keras, kemudian bilas dengan air bersih.

Cuka Putih untuk Membersihkan Noda keramik kamar mandi
Source www.rukita.co

2. Pasta Gigi

Pasta gigi juga bisa digunakan sebagai solusi alternatif untuk membantu menghilangkan noda pada keramik kamar mandi. Caranya, oleskan pasta gigi pada keramik yang terkena noda, lalu gosok dengan sikat gigi yang sudah tidak dipakai lagi hingga noda hilang, dan bilas dengan air bersih.

Pasta Gigi untuk Membersihkan Noda keramik kamar mandi
Source www.mautips.com

3. Larutan Pembersih Khusus Keramik

Anda juga dapat menggunakan larutan pembersih khusus keramik yang tersedia di pasaran untuk menghilangkan noda pada keramik kamar mandi. Caranya sangat mudah, yaitu tuangkan larutan pembersihan pada keramik yang terkena noda, diamkan selama beberapa menit, gosok dengan sikat gigi atau sikat khusus keramik, kemudian bilas dengan air bersih.

Larutan Pembersih Khusus Keramik untuk Membersihkan Noda keramik kamar mandi
Source semutmulia.com

4. Air Lemon

Lemon adalah buah yang mengandung asam sitrat yang tinggi, sehingga dapat membantu menghilangkan noda pada keramik kamar mandi. Caranya, potong lemon menjadi dua bagian, lalu gosokkan pada keramik yang terkena noda dengan menggunakan bagian yang berisi air lemon. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Air Lemon untuk Membersihkan Noda keramik kamar mandi
Source www.kaskus.co.id

5. Baking Soda

Baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan noda pada keramik kamar mandi. Caranya, campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada keramik yang terkena noda, diamkan selama beberapa menit, gosok dengan sikat, dan bilas dengan air bersih.

Baking Soda untuk Membersihkan Noda keramik kamar mandi
Source thehasanvideo.com

6. Air Panas

Air panas juga bisa digunakan sebagai bahan pembersih untuk membantu menghilangkan noda pada keramik kamar mandi. Caranya, lapisi keramik yang terkena noda dengan air panas, diamkan selama beberapa menit, kemudian gosok dengan sikat, dan bilas dengan air bersih.

Air Panas untuk Membersihkan Noda keramik kamar mandi
Source www.kaskus.co.id

7. Pembersih Serbaguna

Pembersih serbaguna juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membersihkan noda pada keramik kamar mandi. Caranya sangat mudah, yaitu semprotkan pembersih serbaguna pada keramik yang terkena noda, diamkan selama beberapa menit, kemudian gosok dengan sikat, dan bilas dengan air bersih.

Pembersih Serbaguna untuk Membersihkan Noda keramik kamar mandi
Source www.bukalapak.com

8. Vinegar dan Garam

Vinegar dan garam juga bisa digunakan sebagai bahan pembersih alternatif untuk membersihkan noda pada keramik kamar mandi. Caranya, campurkan vinegar dan garam hingga menjadi pasta, lalu oleskan ke keramik yang terkena noda, diamkan selama beberapa menit, gosok dengan sikat, dan bilas dengan air bersih.

Vinegar dan Garam untuk Membersihkan Noda keramik kamar mandi
Source www.kaskus.co.id

9. Menggunakan Sabun Cair

Sabun cair juga bisa digunakan untuk membersihkan noda pada keramik kamar mandi. Caranya, oleskan sabun cair pada keramik yang terkena noda, gosok dengan sikat, dan bilas dengan air bersih.

Sabun Cair untuk Membersihkan Noda keramik kamar mandi
Source pintuinfo.com

10. Menjaga Kebersihan Secara Berkala

Hal yang paling penting untuk mencegah keramik kamar mandi terkena noda adalah dengan menjaga kebersihan secara berkala. Selalu bersihkan keramik kamar mandi setiap selesai digunakan, dan cuci secara rutin setidaknya seminggu sekali menggunakan pembersih khusus keramik yang tersedia di pasaran.

Menjaga Kebersihan Secara Berkala untuk Mencegah Noda keramik kamar mandi
Source www.kaskus.co.id

Dengan menggunakan cara-cara di atas, dijamin keramik kamar mandi Anda akan selalu terjaga kebersihannya. Selain itu, keramik yang selalu bersih juga akan memberikan kenyamanan dan keindahan pada kamar mandi Anda.

Menggunakan Produk Pembersih Khusus Keramik

Cara lain untuk membersihkan keramik kamar mandi adalah dengan menggunakan produk pembersih khusus keramik. Produk pembersih ini bisa ditemukan di toko bangunan atau supermarket terdekat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan produk pembersih khusus keramik.

1. Pilih Produk Pembersih yang Tepat

Sebelum membeli produk pembersih khusus keramik, pastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan jenis keramik di kamar mandi Anda. Beberapa produk pembersih mengandung bahan kimia yang mungkin tidak cocok dengan jenis keramik tertentu. Oleh karena itu, periksa label produk terlebih dahulu sebelum membelinya.

2. Ikuti Petunjuk Penggunaan

Petunjuk penggunaan pada kemasan produk pembersih khusus keramik biasanya cukup jelas dan mudah dipahami. Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar dan tidak mengabaikan bagian apa pun dari petunjuk tersebut. Hal ini dilakukan agar produk pembersih bekerja secara optimal dan tidak merusak keramik.

3. Gunakan Sarung Tangan

Produk pembersih khusus keramik mengandung bahan kimia yang bisa merusak kulit tangan Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan sarung tangan saat mengaplikasikan produk pembersih pada keramik kamar mandi. Hal ini dilakukan agar kulit tangan Anda terlindungi dari bahan kimia berbahaya.

4. Bilas dengan Air Bersih

Setelah Anda menggunakan produk pembersih pada keramik kamar mandi, pastikan Anda membilasnya dengan air bersih. Hal ini dilakukan agar sisa-sisa produk pembersih tidak menempel pada keramik dan menyebabkan keramik menjadi licin. Selain itu, air bersih juga menghilangkan bau dari produk pembersih.

5. Hindari Menggunakan Produk Pembersih Berlebihan

Menggunakan produk pembersih khusus keramik secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan dan lingkungan. Bahan kimia yang terkandung dalam produk pembersih bisa merusak lingkungan jika terlalu banyak digunakan. Oleh karena itu, gunakan produk pembersih khusus keramik dengan bijak dan hindari penggunaan yang berlebihan.

Produk Pembersih Khusus Keramik
Source www.tokopedia.com

Jenis Keramik Produk Pembersih
Keramik Biasa Mr. Muscle Multipurpose Cleaner
Keramik Berpori Data Scent Porous
Keramik Glazed Lipice Ceramic Coating

Anda bisa membaca tips tentang cara membersihkan keramik kamar mandi menggunakan lem Fox di artikel ini.

So, Udah Siap Membersihkan Keramik Kamar Mandi?

Nah, sekarang udah tau kan cara membersihkan keramik kamar mandi yang benar dan praktis. Mudah kok, gak usah pusing lagi. Tapi jangan lupa untuk tetap mengutamakan kesehatan dan keamanan. Pakai alat pelindung diri dan jangan terlalu sering menghirup bau cairan pembersih. Terima kasih sudah membaca artikel ini ya! Jangan lupa mampir lagi di lain kesempatan, karena di sini banyak info yang bakal bermanfaat buat kamu. Yuk, bersih-bersih!

Saran Video Seputar : Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Mudah, Cepat, dan Efektif

Leave a Comment