6 Inspirasi Desain Rumah Tampak Depan Samping Atas di Indonesia

Saat membangun sebuah rumah, salah satu hal yang paling penting adalah membuat desain tampak depan, samping, dan atas yang menarik. Desain tampak depan samping atas akan menjadi penentu apakah rumah akan terlihat istimewa atau tidak. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat merancang desain rumah tampak depan samping atas, mulai dari ukuran rumah hingga gaya arsitekturnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat merancang desain rumah tampak depan samping atas:

1. Ukuran dan Bentuk Rumah

Ukuran dan bentuk rumah adalah hal yang utama dipertimbangkan saat merancang desain tampak depan samping atas. Ukuran dan bentuk yang tepat akan membuat rumah terlihat seimbang dan berproporsi. Ukuran dan bentuk yang tidak tepat justru akan membuat rumah terlihat aneh dan tidak menarik.

Ukuran dan Bentuk Rumah

2. Gaya Arsitektur

Setiap rumah memiliki gaya arsitektur yang berbeda-beda, seperti minimalis, modern, klasik, dan lain sebagainya. Pemilihan gaya arsitektur yang tepat akan membuat desain tampak depan, samping, dan atas terlihat lebih menarik dan berkelas.

Gaya Arsitektur

3. Warna Dinding dan Atap

Warna dinding dan atap rumah sangat memengaruhi tampilan desain tampak depan, samping, dan atas. Warna yang cocok akan membuat rumah terlihat cantik dan elegan. Pilihlah warna yang sesuai dengan gaya arsitektur rumah yang dipilih.

Warna Dinding dan Atap

4. Jendela dan Pintu

Jendela dan pintu merupakan elemen penting dalam desain rumah. Perhatikan posisi dan jumlah jendela dan pintu yang dirancang agar sesuai dengan tampilan desain tampak depan, samping, dan atas. Pilih jenis dan bentuk jendela dan pintu yang cocok dengan gaya arsitektur rumah.

Jendela dan Pintu

5. Taman

Taman merupakan unsur penting yang dapat mempercantik tampilan desain tampak depan, samping, dan atas rumah. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan iklim dan ukuran taman.

Taman

6. Pagar

Pemilihan pagar yang tepat akan memberikan tampilan desain tampak depan, samping, dan atas rumah yang elegan dan menarik. Pilihlah jenis dan warna pagar yang sesuai dengan selera dan gaya arsitektur rumah.

Pagar

7. Material Bangunan

Material bangunan yang digunakan dalam proses pembangunan rumah sangat memengaruhi tampilan desain tampak depan, samping, dan atas rumah. Pilihlah material bangunan yang sesuai dengan gaya arsitektur rumah dan juga sesuai dengan budget yang dimiliki.

Material Bangunan

8. Penerangan

Penggunaan lampu penerangan pada bagian depan, samping, dan atas rumah dapat memberikan nilai plus dalam tampilan desain rumah. Pilihlah jenis lampu yang tepat dan tempatkan pada posisi yang strategis agar cahaya lampu lebih merata.

Penerangan

9. Jenis Tanah dan Topografi

Jenis tanah dan topografi lokasi sangat mempengaruhi desain tampak depan, samping, dan atas rumah. Pilihlah desain yang sesuai dengan jenis tanah dan topografi lokasi untuk menghindari kesalahan dalam proses pembangunan.

Jenis Tanah dan Topografi

10. Tampilan Keseluruhan

Tampilan keseluruhan harus menjadi perhatian utama saat merancang desain tampak depan, samping, dan atas rumah. Pastikan setiap elemen yang ada saling bertautan dan memberikan kesan tampilan yang harmonis.

Tampilan Keseluruhan

Merancang desain rumah tampak depan samping atas memang membutuhkan perhatian yang ekstra. Semoga tips diatas bisa menjadi panduan untuk kamu yang ingin membangun rumah impianmu.

5 Tips Membuat Desain Rumah Tampak Depan, Samping, dan Atas yang Menarik

Setelah memperkenalkan dasar-dasar desain rumah tampak depan, samping, atas, pada artikel sebelumnya, kini saatnya kita membahas tips agar rumah kamu memiliki tampilan yang menarik dari segala arah pandang.

1. Tandai Poin Fokus

Sebelum mulai merancang desain rumah, pastikan kamu menandai poin fokus dari desain rumah, seperti taman depan, jendela besar, atau balkon. Dengan mempertimbangkan poin fokus ini, kamu dapat merancang desain rumah yang dapat menonjolkan keindahan di sekitar area tersebut.

Setelah menandai poin fokus, cobalah untuk tidak membenamkan mereka di antara elemen lain dari rumah. Bisa jadi taman depan memiliki view yang menawan, tapi tertutupi oleh terlalu banyak rincian pada desain rumah lainnya. Sebaliknya, dengan menonjolkan poin fokus, rumah kamu dapat membuat kesan yang mendalam pada orang yang melihatnya.

2. Perhatikan Detil Pada Tampilan Depan

Tampilan depan rumah sangat penting, karena biasanya ini yang pertama kali dilihat orang saat melintasi rumah kamu. Oleh karena itu, perhatikan detail pada tampilan depan, mulai dari pintu, jendela, hingga tanaman yang ditanam di taman depan.

Pintu juga bisa menjadi elemen utama yang cocok menjadi fokus tampilan depan rumah kamu. Pilih pintu yang match dengan tema desain rumah kamu, berwarna cerah atau mewakili warna yang serupa dengan warna eksterior rumah.

3. Pentingnya Pencahayaan Rumah

Ketika berbicara tentang desain rumah tampak atas, pencahayaan juga menjadi faktor yang penting. Tanpa pencahayaan yang memadai, rumah kamu mungkin terlihat kusam dan kurang menarik.

Untuk meningkatkan swag desain rumah kamu, tambahkan pencahayaan pada area-area yang kerenori bulan bisa di pandang dari atas. Seperti kolam renang atau dek atap, menambahkan lampu spotlight atau lampu Christmas akan memperbaiki penampilan saat malam hari.

4. Kombinasi Tekstur Pada Rumah

Salah satu faktor penting yang sering diabaikan dari desain rumah tampak samping dan atas adalah kombinasi tekstur. Rumah dengan tampilan seperti ini biasanya terlihat monoton dan membosankan jika hanya menggunakan satu jenis tekstur eksterior.

Coba kombinasikan beberapa jenis tekstur eksterior pada rumah kamu, seperti beton, kayu, batu, atau panel metal. Kombinasi ini akan menambahkan dimensi pada rumah kamu, membuatnya terlihat lebih menarik.

5. Pertimbangkan Ukuran Tanah dan Gaya Arsitektur

Ukuran tanah dan gaya arsitektur adalah pertimbangan penting dalam merancang desain rumah. Hal ini penting karena perlu adanya harmonisasi antara keberadaan rumah dengan tanah dan lingkungan sekitarnya, serta kesesuaian antara desain rumah dengan gaya arsitektur yang diinginkan.

Misalnya, jika kamu memiliki tanah yang sempit dan terbatas, kamu perlu merancang rumah yang memaksimalkan penggunaan ruang. Atau jika kamu ingin rumah kamu terlihat modern, cobalah memilih arsitektur yang sesuai, seperti desain minimalis.

Sumber Gambar
Membuat Desain Rumah
Cara Membuat Rumah Minimalis
Desain Rumah

Referensi:
– https://rumahpantura.com/tips-desain-rumah-tampak-depan-dan-samping/
– https://rumah123.com/artikel/tips-mendesain-rumah-dari-berbagai-sudut-pandang-7778
– https://www.sanctumdesign.com.au/blog/8-Simple-Tips-for-Designing-a-Stunning-Front-Faced-Home-Design-for-Resell-valuations-potential-Resell-Value
– https://www.cvarchitects.com/single-post/2018/02/11/The-Effects-of-Lighting-on-Architecture

Sayangnya, tidak ada tautan yang dapat diberikan berdasarkan daftar JSON yang diberikan. Mohon periksa kembali daftar yang diberikan atau berikan daftar yang sesuai agar dapat memberikan tautan yang relevan.

Mau Tahu Desain Rumah Tampak Depan, Samping, dan Atas yang Keren? Yuk Cek di Sini!

Wah, cukup seru ya ngobrolin desain rumah tampak depan, samping, dan atas ini. Semoga sudah makin paham dan punya referensi buat merancang rumah impian kamu nanti. Jangan lupa terus pantau website ini ya, siapa tahu bakal ada artikel menarik lainnya seputar rumah dan gaya hidup ala Indonesia yang bikin kamu semakin jatuh hati sama negeri sendiri. Terima kasih sudah mampir dan sampai jumpa lagi!

Leave a Comment